Sabtu, 13 Oktober 2012

The Secret Life of Bees

Novel pertama yang selesai dibaca semenjak menuju 2 bulan di Cilegon ini. Novel ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis yang bernama Lily Owens yang melarikan diri dari rumahnya, dan mencari jejak kehidupan masa lalu ibu nya yang telah meninggal semenjak ia berusia 4 tahun karena kecelakaan. Lily melarikan diri karena tidak betah oleh kelakukan ayahnya yang sangat keras.

Novel yang berlatarkan Amerika di tahun 1960an ini lebih kurang ku tangkap menyimpan beberapa ide cerita yang entah bagaimana penulisnya mampu membuat ceritanya menjadi begitu menarik, hingga aku yang meski tidak terlalu mengerti beberapa latar dan cerita namun mampu memahami inti dari novel ini.
Pertama, seperti judulnya, novel ini menceritakan kehidupan lebah. Bagaimana August dan adik-adiknya yang hidup dengan memelihara lebah menjalani kehidupan mereka. Selain itu juga banyak kutipan-kutipan mengenai kehidupan lebah yang dituliskan di novel ini, sehingga orang cukup banyak mengetahui bagaimana lebah hidup. Termasuk falsafah hidup dengan bercerminkan diri kepada kehidupan koloni lebah.
Kedua, Bunda Maria. Tokoh penting dalam agama kristen ini mendapatkan porsi yang tinggi dalam novel ini, dengan kehidupan August dan teman-teman sekitarnya yang begitu mengidolakan Our Lady dengan cerita sejarah mengenai "Bunda Berkulit Hitam" pada masa sebelumnya.
Ketiga, rasisme di Amerika Serikat pada masa itu, bagaimana diskriminasi terjadi. Orang-orang kulit berwarna mendapatkan ketidak adilan dalam kehidupan mereka.
Secara umum ini merupakan buku yang bagus, bagaimana tidak buku ini menjadi New York Times Best Seller. Rasanya cukup bisa mewakili bagaimana kualitasnya.
Dan setelah searching gambarnya, baru aku ketahui bahwa pada tahun 2008 buku ini telah difilmkan. Rasanya cukup menjadi salah satu buku dan film yang recomended.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar