Rabu, 31 Oktober 2012

ATHG

Siapa yang ingin menuju kesuksesan? Siapa yang tidak ingin mendapatkan kesuksesan? Jika diadakan survey untuk mengukur kedua pertanyaan ini, rasanya aku masih yakin bahwa yang pertama akan mendapatkan 100% jawaban Ya dan yang selanjutnya tidak akan ada yangb memilihnya. Kesuksesan bukan hanya diukur dengan uang, jabatan dan lain sebagainya, namun apapun. APAPUN yang kita inginkan, itulah kesuksesan yang sebenarnya. Jadi sukses menurutku belum tentu sukses menuruk kalian, dan begitupun sebaliknya. Jika sukses menurut ku salah satunya ketika aku mempunyai anak 3, mungkin menurut temanku sukses adalah ketika dirinya bisa mendapatkan istri 3. Yah itulah yang disebut dengan kesuksesan. Relatif, meskipun rasanya yang disebut dengan gagal itu mutlak -_-

Selasa, 30 Oktober 2012

Delete "Malu"

Materi hari kemaren, yang sebenarnya memasuki materi mengenai warehouse terpaksa dipending karena sang pemateri yang tidak ingat bahwa ada kami kaum-kaum trainee yang butuh belas kasihan dan diberikan training pentingnya gudang dan hal-hal di sekitarnya. Oleh karena itu maka hari itu pun diisi oleh Pak Cecep, sang asmen Technical, materi yang diberikan tidak dikhususkan pada suatu hal, namun lebih kepada sharing mengenai banyak sekali permasalahan, persoalan, dinamika kehidupan dan juga mengenai pilihan-pilihan di kehidupan, termasuk harapan dan cita-cita yang ingin digapai di masa depan.

Yang terakhir dibilang adalah yang ingin ditulis pada kali ini, mengenai harapan menggapai cita-cita. Sebelumnya trainer (Pak Cecep) bertanya pada kami ber 9, tentang harapan dan target kami saat menggapai kesuksesan seperti apa, bisa dibilang juga sama dengan mimpi. Dan karena aku mendapat giliran pertama menjawab, aku tidak bisa menjawab terlalu muluk biar heboh, aku hanya menjawab apa yang selama ini menjadi bayanganku tentang apa yang ingin ku gapai dalam hidupku, yaitu menjadi seorang Manajer, dan memiliki suatu usaha keluarga. Sedang teman-teman yang lain ada yang ingin menjadi direktur, orang paling kaya di suatu daerah dan masih banyak lagi, namun lebih spesifik dan lebih mentereng dibanding yang ku sebut.

Kamis, 25 Oktober 2012

TGIF vs TGIW

Thanks God its friday, pasti semua sudah tidak asing dengan istilah ini, terutama mareka yang di hari sabtunya mulai weekend, yah itu berarti gak termasuk gue, karna sabtu gue tetep masuk walaupun cuma setengah hari. Tapi setengah hari juga lumayan tuh. Karna jam 1 pulang, gue nyampe ke terminal bisa jadi jam 3an baru berangkat ke jakarta dan efeknya adalah nyampenya uda mendekati waktu magrib.
Namun gue bukan mau nulis sensitifitas gue akan kalimat ini yang seakan menusuk-nusuk hati dan jiwa gue, namun karena gue ingat kata Manajer produksi di tempat gue saat ini, gue juga gak tau sih dia bilang gitu karna emang murni menasehati kami atau dia juga kesel karna masuk hari sabtu. hehehe

Sabtu, 20 Oktober 2012

Perjalanan Sang Detektif Swasta

Entah ini novel keberapa yang telah ku baca dalam hidupku, namun yang pasti adalah novel kedua di Cilegon ini. Novel yang dibeli ama dedek di Senayan waktu ada pameran ini menceritakan seorang detektif swasta, bukan detektif dalam artian sebenarnya karena dia bekerja pada agen detektif, yang pemimpinnya justru bekerja dengan kejahatan. Meskipun itu ketahuan di akhir-akhir ceritanya. Buku yang menarik, menggelitik, dan jujur terjemahan Indonesia sangat out of the box. Luar binasa dari pemilihan katanya yang fulgar.


Jumat, 19 Oktober 2012

Korupsi dan Perubahan


Korupsi, kata yang seakan tidak memiliki awal dan akhir dalam suatu negara yang bernama Indonesia ini. Entah semenjak kapan kita telah akrab pada kata korupsi, ada yang berkata bahwa itulah sistem warisan Belanda semenjak jaman penjajahan, namun banyak pula yang berpendapat itulah mental kita yang telah ada semenjak Kerajaan menjadi bentuk pemerintahan di Nusantara. Tapi yang pasti, seperti kita bingung semenjak kapan korupsi ada, kita juga tidak memiliki kepastian kapan kata ini akan berakhir.

Kamis, 18 Oktober 2012

Pameo Puisi

Saini KM
Gak sengaja buka buku catatan yang sengaja dibeli semenjak awal masuk kuliah. Berarti uda berusia hampir 4 tahun tuh buku ada di gue. Buku yang awalnya khusus untuk nulis kutipan-kutipan dari buku yang gue baca. Dan sayangnya masih sangat sedikit sekali dari buku tersebut yang telah gue tulis. Kebanyakan gue tulis waktu gue masih aktif di LKM, organisasi penalaran di kampus gue, dan gue masih sangat keranjingan untuk membaca buku-buku yang meskipun pada saat itu belum terlalu gue pahamin. Yah, namanya juga masih belajar dalam membaca dan mengkaji.

Rabu, 17 Oktober 2012

Pemenang: Pemilik strategi terbaik


Hari ini, materi training yang diberikan adalah flour analysis yang diberikan oleh Supervisor QC, Pak Yoga. Ada hal yang menarik yang disampaikan oleh beliau pada hari ini, bukan hanya mengenai materi inti yang disampaikan beliau mengenai kualitas dari suatu gandum ataupun tepung terigu yang dihasilkan. Melainkan perlilaku orang-orang yang terjun di dalamnya. Bagaimana persaingan yang sangat ketat antara produsen tepung terigu dalam menjadi konsumen, yang kemudian akan berimbas pada pendapatan perusahaan. Salah satu yang beliau sampaikan adalah mengenai Pemenang dalam persaingan ini.

Urbanisasi



Urbanisasi merupakan perpindahan dari penduduk desa ke kota dengan berbagai alasan yang ada. Urbanisasi juga merupakan proses pencarian kehidupan antara masyarakat dengan pengharapan akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik nantinya ketika berada di daerah tujuannya. Meskipun kenyataan yang mereka dapatkan mungkin saja akan terbalik dengan pengharapan tersebut. Sehingga alih-alih membantu perekonomian perkotaan sebagai domisili baru, mereka justru menjadi permasalahan baru.

Senin, 15 Oktober 2012

Terus Gue Mesti Bilang Wow Gitu???

"Terus gue mesti bilang wow gitu?"
Siapa yang belum pernah mendengar kalimat ini? Atau mungkin sudah biasa mengucapkannya. Tentunya dengan bahasa yang sudah disesuaikan dengan gaya bahasa pribadi yang digunakan. Seperti salah seorang supervisor yang ada di perusahaan tempat gue saat ini. Saat tengah memberi training, saat mungkin dia melihat kejenuhan yang terlihat di wajah peserta training. Dia berkata "terus saya harus bilang wow gitu" Sangat efektif untuk mencairkan suasana memang.

Minggu, 14 Oktober 2012

Cerita Hari Kemaren (Ulang Tahun Dedek)

Cerita tanggal 6 dan 7 oktober 2012. Saat ke Jakarta yang ke-3 kalinya dalam 3 minggu berturut-turut karena hari kemaren adalah hari spesial untuk Sang Kekasih Hati. Jeng jettttt.. Yaitu Ulang Tahun Dedek a.k.a Nurul Ika Fauziah. Yaitu tanggal 5 oktober nya. Kenapa tanggal 6 bukan tanggal 5 nya yang di ceritain? Karena eh karena tanggal 5 adalah hari jumat yang berarti belum bisa ke Jakarta karena belum libur. Mau cuti? Ntar managernya bilang WOWW lagi. -_-

Sabtu, 13 Oktober 2012

The Secret Life of Bees

Novel pertama yang selesai dibaca semenjak menuju 2 bulan di Cilegon ini. Novel ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis yang bernama Lily Owens yang melarikan diri dari rumahnya, dan mencari jejak kehidupan masa lalu ibu nya yang telah meninggal semenjak ia berusia 4 tahun karena kecelakaan. Lily melarikan diri karena tidak betah oleh kelakukan ayahnya yang sangat keras.

Jumat, 12 Oktober 2012

Berpikir Positif

Usai membaca buku "Terapi Berpikir Positif" yang ditulis oleh Dr. Ibrahim Elfiky, banyak hal yang bisa ku petik mengenai betapa pikiran, yang sering tidak terlalu kita pikirkan memiliki peranan yang sangat penting. Siapa yang menyadari bahwa seseorang yang merasa hidupnya yang terasa selalu berkesusahan tak lepas karena pikirannya yang fokus pada hal negatif tersebut.


Rabu, 03 Oktober 2012

Where is My Passion?

Passion. Apa sih artinya? Apa maksudnya. Apa penjelasannya. Itu yang menjadi pertanyaan Pak Alex, Manajer Produksi, sekaligus mentor materi hari ini.
Passion merupakan tahapan pertama yang wajib dimiliki seseorang jika ingin mencapai kesuksesan Begitu menurut beberapa orang penting, seperti pemilik Microsoft, Rossi, Michael Jordan dan banyak orang penting lainnya, begitu kata Pak Alex tadi. Passion, yang jika dalam kata sederhana ketika diterjemahkan dalam bahasa kita sebagai tekad.
Kata sederhana tersebut yang membuat orang yang mungkin pada awalnya banyak diragukan untuk mencapai keberhasilan namun ternyata mampu. Kata yang entah bagaimana mungkin dengan kata tersebut bisa mempengaruhi nasib seseorang sedemikian rupanya.
Membuatku bertanya, apakah aku memiliki tekad yang demikian dalam hidupku ini?