Selasa, 30 April 2013

Pedasnya Gado-gado "Panca Rasa"

15 menit sebelum settingan alarm, kebangun. Tumben banget. Mungkin karna emang uda sengaja setting ke tubuh buat bangun pgi. Ceritanya mau maen futsal bareng-bareng ama teman-teman di pabrik. Bilangnya teman-teman aja deh, meskipun juga ada atasan yang maen.
Singkat cerita, berangkat dah tuh. Karena lupa jalannya, mampir dulu dah ke mess teman di PCI, sekalian biar barengan. Dan nyampe meski agak lumayan telat sih. Kayaknya jam di lokasi futsalnya di cepetin. Beda beberapa menit dengan jam waktu HP aku.
Dan maenlah kita, sejam waktu gak berasa. Eh sebenarnya berasa juga sih, karna emang maennya pas-pasan banget yang datang. Cuma ada 1 pengganti. Jadi ya sama-sama ngerti dah, kalo capek langsung ganti.

Selasa, 23 April 2013

Konsep Olah Digital

Olah digital berkaitan erat dengan dunia fotografi. Oldig membantu fotografer dalam memperbaiki gambar-gambar digital, meskipun juga ada fotografer yang menentang dalam penggunaannya karna foto yang dihasilkan menjadi tidak asli. Berikut ini akan disampaikan secara singkat mengenai beberapa olah digital yang umum terdapat dalam fotografi, khususnya mengenai konsep digital imaging. Mengenai penggunaan berbagai konsep ini, pada umumnya masing-masing fotografer maupun editor memiliki kekhasan masing-masing dalam menentukan bagian-bagaian dan konsep apa saja yang akan digunakannya. Selamat bereksplorasi.

Senin, 15 April 2013

Sore Kala, Cilegon

Hari ini, sebenarnya ada janjian ama kaum-kaum dari Mill dan Lab untuk janjian futsal bareng. Ceritanya karena kemaren waktu maen di pabrik pada gak puas karna penduduk yangb bejibun. Nah, berhubung janji kumpulnya di Masjid Agung Cilegon, dan tu masjid juga emang uda lama pengen nyari sudut yang bagus untuk di foto, akhirnya ya bawa kamera deh. Sekalian belajar cara make kamera yang bener. Ada beberapa gambar yang diambil sebenarnya, tapi cuma upload 3 gambar aja. Ya bisa dibilang dari sekian banyak yang diambil, ini 3 yang mendingan. 1 gambar di Masjid Agung, 2 lagi gambar yang diambil di tempat futsal.

Minggu, 14 April 2013

Masih aja UN

Uda lama rasanya gak update tentang gosip-gosip pendidikan, selain mengenai kurikulum 2013 yang kembali memuculkan perdebatan. Eh, waktu buka jejaring sosial, banyak yang bikin status mengenai UN, uda mau UN aja ternyata. Ingat tentang UN, jadi ingat buku lama yang pernah dibaca. Gak lama-lama juga sebenarnya, dan yang uda dibaca juga kurang lebih sama dengan apa yang selama ini sering diungkapkan. Bagaimana UN seharusnya tidak dijadikan tolak ukur untuk melihat bagaimana kualitas seseorang. Memang benar dibutuhkan ujian untuk memantau kemampuan seseorang, namun ketika ada 2 orang lulusan dari jurusan, universitas yang sama. dengan satu orang yang mendapatkan IPK 4 dan yang lainnya mendapatkan pas-pas an. Bilanglah standar perusahaannya 2,75. Siapa yang bisa menjamin bahwa yang IPK 4 akan memiliki karir yang melejit, kemampuan luar biasa, dan menyelesaikan pekerjaann yang diberikan kepadanya dengan sebaik mungkin?

Rabu, 10 April 2013

Lebih dekat dengan cahaya

Cahaya merupakan energi yang berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang antara 380-750 nm. Ekxt book banget. Tapi memang kali ini yang ingin dibahas mengenai cahaya. Terutama cahaya di bidang fotografi. Nah, dalam fotografi ada  beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai cahaya. You have to know it

Rabu, 03 April 2013

Mengenal White Balance

Kali ini aku akan membahas sedikit tentang white balance yang ada di kamera, white balance ini dimaksudkan untuk mencegah hasil foto yang memiliki warna tidak natural. Dan semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk rekan-rekan sesama pemula di bidang fotografi. 
Dan, selamat bereksplorasi :D

Selasa, 02 April 2013

Mengenal ISO dalam dunia fotografi

Kali ini mau reshare mengenai ISO, khususnya adalah ISO yang berkaitan dengan fotografi. Dan jujur aku juga sebelumnya gak begitu mengerti tentang ini. ISO yang aku ketahui adalah (sama) International Standar Organization namun ya enggak  berkaitan dengan hal fotografi. Yang baru dipelajari misalnya tentang standar manajemen mutu, HACCP, dan yang sejenis itulah yang kebetulan diaplikasikan di pekerjaan.
Dan kali ini, kita akan belajar mengenai ISO, jadi apa itu ISO?

Senin, 01 April 2013

Kamera LOMO

Weekend kemaren, akhirnya dihabiskan dengan liburan, bila kebanyakan orang liburan ke desa, pegunungan, atau yang jauh dari suasana kota, aku justru sebaliknya. Alasan yang paling utama adalah karena memang disanalah aku bertemu dengan cinta. :)
Dan kebetulan di salah satu acara kami jalan-jalan, salah satu tujuan kami adalah Toko Buku Gramedia yang ada di Matraman, pas juga disana lagi ada semacam bazar gitu, jadi buku-bukunya banyak yang didiskon. Harganya mulai Rp5000. Ya lumayan lah buat kantong mantan mahasiswa :p Salah satu buku yang aku beli adalah mengenai fotografi. Dan ini ada salah satu informasi yang menurut aku menarik, karna aku juga baru tahu. Yaitu mengenai salah satu jenis kamera, yang disebut dengan LOMO (Leninggradskoye Optiko Mechanicheskoye Obyedinenie) Yah aku tahu emang agak ribet kalo mau bacanya.
Model kameranya seperti ini

Jumat, 29 Maret 2013

Tips: Membuat Foto Makro Menggunakan Kamera Prosumer (Reshare)

Iseng-iseng menjelajah ke situs FN, eh nemu link untuk tips ini, kebetulan juga sekarang lagi megang prosumer, siapa tahu bisa dicoba nanti kalo lagi mood hunting foto lagi. Tips sederhana menggunakan kamera jenis prosumer untuk membuat foto makro kupu-kupu, dan untuk pengguna DSLR, siapa tahu juga tips ini bisa berguna. Namun untuk tips ini, dibuat lebih umum, mungkin juga bisa digunakan untuk belajar

Senin, 25 Maret 2013

Tips membuat foto dengan isolasi warna menggunakan Photoshop (Reshare)

Tips ini didapatkan dari salah satu situs penggemar fotografi yang cukup terkenal di Indonesia, dan aku juga merupakan salah seorang newbie disana, dan saat ini mencoba belajar mengenai dunia ini. Yaitu fotografer.net. Dan sumber dari tips ini bisa dilihat di link aslinya yaitu di Fotografer.net
Ok fokus, berikut ini merupakan tips yang bisa kita sama-sama coba, yaitu penggunaan teknologi untuk mempercantik penampilan dari image yang kita miliki, untuk mendapatkan efek tertentu. Dan kali ini adalah menggunakan beberapa langkah mudah di salah satu software yang cukup umum dimiliki, dan membuat isolasi warna.
Berikut langkah-langkahnya >>>

Minggu, 24 Maret 2013

One Day Tour

  Akhirnya setelah menanti cukup lama, dimulai dari kabar-kabar angin surga semenjak memasuki perusahaan ini, hingga penantian karena dari kabar pertama diundur beberapa bulan. Hari yang dinanti telah tiba. Bukan, bukan saat-saat kenaikan gaji. Meski itu juga merupakan salah satu yang selalu dinanti. Namun kali ini adalah acara jalan-jalan tahunan, setelah rutinitas yang menjemukan, maka dilakukanlah acara jalan-jalan. Entah memang ada perubahan dari pihak manajemen atau memang dari awal direncanakan seperti ini, tapi sebelumnya diberitahukan bahwa ini ada Family Gathering, namun sampai kemaren diinformasikan bahwa ini adalah One Day Tour, atau kemudian disebut dengan Outing, dan khusus karyawan tanpa mengikut-sertakan keluarga.
Acara ini berlangsung pada tanggal 24 Maret 2013, dan bertempat di Hotel Mambruk yang bertempat di Kawasan Pantai Anyer. Berikut beberapa cuplikan pengabadian di kamera yang bisa diambil. Inipun dengan penghemat-hematan karena baterai kamera uda memasuki masa lowbat.
Cekidot....



Jumat, 22 Maret 2013

New Experience

Akhirnya setelah beberapa bulan memasuki fase OJT di pabrik, semalam tepatnya ada progres ke arah yang bisa dibilang lumayan dalam proses mengenal art dari milling. Meskipun action yang dilakukan adalah hal yang sederhana, namun aku akan menganggap ini adalah langkah besar, jika pada akhirnya memang disinilah akan ku temukan passion kehidupan dan bakatku berada.

Rabu, 20 Maret 2013

Ground Fault Relay and Restricted Earth Faulth Relay

Seperti telah disebutkan sebelumnya, maka tentang relay akan dilanjutkan dengan beberapa tipe relay. Dan kali ini yang ingin dibahas adalah dua tipe relay, yaitu Relai Hubung Tanah dan Relai Gangguan Tanah Terbatas, atau dalam bahasa inggrisnya kedua relay ini disebutkan seperti pada judul. 
Berikut sedikit penjelasan mengenai kedua relai ini.

Senin, 18 Maret 2013

Bakar-bakar di rumah bos

Minggu kemaren, ada acara di rumah salah seorang bos ku, sebenarnya bos grup gue aja. Dan awalnya rencananya adalah minimal di grup kita aja yang ngikut, namun akhirnya dengan ngajak sana sini, lumayan banyak juga yang datang. Acaranya juga simple sih, kecil-kecilan aja. Yang dibakar adalah ikan kembung ama cumi. Yang penting adalah suasana dan kebersamaannya. Lumayan untuk bisa saling mendekatkan diri.
Sekalian dah nih gue kenalin beberapa rekan di pabrik. Sesama Seniman Tepung :p

New Label: Photography

Ahirnya muncul juga label baru di blog ini, label yang kemudian diberi nama "Photography". Label ini dibuat sebagai media untuk mempublishkan (ceilah) foto-foto ku sendiri, melalui media apapun diambilnya gambar tersebut. Gaya banget dah :)
Dan untuk itu, kemaren sebagai permulaan untuk belajar, aku dan dedek beli kamera baru, tipe Prosummer namanya. Tipe FUJIFILM Finepix S2980. Dari berbagai referensi akhirnya dipilih kamera ini deh, selain itu juga disesuaikan dengan budget yang ada. Kalo pengen pake SLR kan dedek juga punya. hehehe
ini beberapa foto-foto pertama dari kamera ini kemaren :)

Kamis, 14 Maret 2013

Prinsip Kerja Relai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada posting selanjutnya di label "Belajar" saya ingin mengulang kembali mengenai prinsip beberapa relai yang sering digunakan. Penjelasan-penjelasan ini sebenarnya telah beredar cukup banyak di internet, silahkan dipelajari kembali. Semoga bisa saling menyebarkan manfaat.

Rabu, 13 Maret 2013

Pengenalan Proteksi Sistem Tenaga Listrik

Setelah lulus, cukup banyak dah materi-materi  perkuliahan dulu yang sudah mulai mengering di otak, mengering bukan saking ingatnya, justru mulai terserap ke dalam dan untuk memunculkannya lagi sedikit ada masalah tentang itu. Oleh karena itu, kenapa sekarang aku nyicil mengulang materi-materi kuliah dulu. sekalian belajar kembali.

Mahalnya Ilmu

Seperti biasa, pulang kerja malah nyalain laptop dan buka FB, salah satu kebiasaan yang gak bagus sebenarnya. Meski buka cuma sekedar lihat lihat aja sapa tahu ada yang menarik. Dan benar saja, kali ini nemu gambar yang sangat menarik di salah satu akun "The Science World"  Gambar perkembangan lampu berbentuk bohlam hinggan ditemukannya teknologi baru yang berasal dari LED.

Selasa, 05 Maret 2013

Perjalanan Menuju Kebebasan

Akhirnya, serial panjang ini selesai juga ditonton. Prison Break, sebuah serial yang sungguh sangat mengesalkan. Karna begitu kita menonton 1 episode, kita akan semakin penasaran untuk semakin mengetahui cerita selanjutnya. Begitupun denganku. Ketika awalnya mengcopy serial ini hanya season 1 di temanku. Aku pun tak pernah berpikir bahwa kemudian aku "diwajibkan" untuk menuntaskan seluruh episode di keempat season yang ada disini. sungguh sangat melelahkan.

Kamis, 28 Februari 2013

Kontrak Baru, Harga Baru

Akhirnya masa 6 bulan pertama proses Management Trainee di perusahaan ini telah berlalu. Dan ada banyak cerita yang terjadi selama 6 bulan ini. Cerita yang baik ataupun sesuatu yang jika bisa memilih tidak perlu dilalui. Dan jika mengingat 6 bulan ini, rasanya juga akan terbawa kepada masa ketika hari pertama berangkat dulu. Dengan membawa harapan yang tinggi untuk mendapatkan sesuatu yang baru di dunia baru. Dan meski tak semua sesuai dengan harapan. Apakah pantas untuk kecewa?

Rabu, 27 Februari 2013

Kalender Puasa Sunnah di Tahun 2013

Tak sadar ternyata makin jarang update tulisan lagi disini. Karena kesibukan dan berbagai hal, ataupun karena belum menemukan bahasan yang ingin ditulis kembali, walaupun sebenarnya banyak yang bisa disampaikan. Dan kali ini, setelah cukup lama absen dalam menulis di blog ini, aku ingin menyampaikan informasi yang cukup penting, terutama untuk kaum muslim. Dan tulisan ini sebenarnya ingin aku sampaikan khusus kepada diriku sendiri sebagai motivasi untuk menjadi orang yang lebih baik dalam agamaku.
Sesuai judulnya, ini merupakan kalender puasa selama Tahun 2013. Aku dapat info ini dari akun facebook "Status Nasehat" yang dishare oleh teman facebook.

Rabu, 06 Februari 2013

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Memasuki bulan februari ini menjadi bulan galau tersendiri juga buatku. Bukan karena tanggal 14 mau valentine dan gak tau mau ngerayain apa gak. Tapi karna di perkerjaan yang sekarang ini bulan ini memasuki bulan terakhir kontrak 6 bulan pertama dan diharapkan memasuki kontrak selanjutnya. Yang dari desas desus yang berkembang katanya akan diadakan sistem pinalti karena di periode sebelumnya banyak yang mengundurkan diri.
Jadi mau gak mau harus mewara wiri juga karena siapa tau kontrak yang ditawarkan tidak sesuai dengan keinginan hati, dan dengan pengenalan lingkungan kerja selama 6 bulan ini rasanya cukup berat juga bila masih berkutat di angka yang sama tanpa mencari perbaikan gizi juga.
Dan ya karena itu, aku dan juga mungkin sama dengan yang lain juga mulai mencari pelarian (ceilah). Dan karena itu iseng-iseng nyari tips-tips mengenai melamar kerja, nemulah suatu artikel yang berkenaan dari judul tulisan ini.

Minggu, 20 Januari 2013

Tips Menyelesaikan Konflik

Hari minggu ini, berhubung gak ke Jakarta, seharian di rumah (dari Pabrik) aja. Beres-beres berbagai debu dan kotoran yang mulai betah disini dan sambil dengerin radio. Sambil dengerin radio, penyiarnya menyampaikan tips bagi kita yang sedang berkonflik dengan teman sekantor. Tapi secara umum sepertinya tips ini juga bisa berlaku untuk berbagai hal. Tips sederhana sebenarnya yang semua dari kita sudah tahu, namun terkadang masih tidak mampu untuk melakukannya.
Ilustrasi

Berikut tipsnya, dikutip dari Radio Polaris 104.00 fm (untuk wilayah Cilegon, Serang dan sekitarnya)

1. Tanyakan penyebabnya
Tentunya tidak ada orang yang marah tanpa alasan. Dengarkan dengan baik apa yang menjadi unek-uneknya dan jangan membantah apa yang dia katakan meskipun kita merasa itu tidak seperti yang sebenarnya terjadi menurut pandangan kita.

2. Sampaikan keluhan kita
Setelah kita mendengarkan keluhannya, sekarang giliran kita yang menyampaikan apa keluhan kita kepada teman kita tersebut, cobalah untuk bijak dalam memilih kata, jangan sampai kata tersebut justru bisa menyakiti hatinya. Cobalah posisikan diri kita sebagai pihak yang lebih "waras" dalam hal ini, dan lebih dewasa.

3. Cari solusi bersama
Setelah saling menyampaikan unek-unek, cobalah berdiskusi bersama, apa langkah terbaik yang harusnya dipilih. Solusi ini haruslah win win solution jangan sampai ada pihak yang merasa dikalahkan dan dirugikan, jika tidak ada, cobalah temukan solusi yang pihak yang "terpaksa" mengalah pun tidak merasa terpaksa.

Demikian tipsnya, sederhana sebenarnya cara kita untuk menyelesaikan koflik, cukup jujur dan mau berbicara dengan pikiran tenang. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

@3palizar

Sabtu, 19 Januari 2013

Semangat Dedek

Keingat waktu masih kuliah, dan memasuki semester 7. Sebenarnya gak dimulai dari semester 7 sih, karena dari semester sebelumnya aku uda mikirin ini. Bahkan dari sebelum kuliah uda pengen ini. Apa? Lulus cepet hehe Dan ketika semester 6 jalan untuk lulus pun terbuka karena aku memiliki teman-teman seangkatan yang amazing kalo soal kuliah. Banyak rencananya, walaupun bingung gimana mau realisasinya.
Tapi akhirnya semua terbukti bahwa dengan keinginan yang kuat dan keadaan yang memaksa, akhirnya semua bisa berjalan, meski tak selalu sesuai dengan rencana dan ada saja halangan di perjalanan. Namun, The power of kepepet memang benar ada sepertinya. Bukti?
No pict = hoax
Aku, Aji, Devi dan Irma (Pendidikan Teknik Elektro UNJ Angkatan 2008 - Wisuda Maret 2012)
Dan dari yang merencanakan itu akhirnya semuanya berhasil, yah hanya ada 4 orang yang pada akhirnya "memaksakan" untuk menyelesaikan studi dengan waktu 7 semester, dan meski aku yang terakhir mendaftarkan diri untuk sidang, tapi yah lulusnya bareng juga.

Jumat, 18 Januari 2013

Brukkk... Lalu Salahku

Hari ini, ada kejadian yang tidak mengenakkan di pabrik, dan sedikit banyak aku turut terlibat dalam kejadian tersebut. Meskipun notabene kesalahanku dikarenakan keterbatasan ku sendiri dalam mengelola begitu banyak orang-orang yang ada. Tapi tentu saja, kesalahan adalah kesalahan. Dan aku kembali terjebak dalam pemikiran. Apakah aku adalah orang yang tepat? Kali ini tidak memikirkan tentang pabrik ini, tapi tentang diriku. Rasa galau kembali ada. Memikirkan apa yang sebaiknya ku lakukan.

Selasa, 15 Januari 2013

Selow geh boy

" Selow geh boy"
Kalimat pertama dari bahasa sini yang sering gue denger dan gue ngerti apa artinya. Well pada awalnya gue denger kalimat ini pada waktu in class training. Seingat gue yang pertama kali ngucapin ini anak IPB, makanya gue pikir ini bahasa gaul sana. Ya bahasa Sunda lah minimal. Namun seiring berjalannya hari, gue makin sering denger ini, dan juga banyak bergaul dengan masyarakat asli sini yang ada di pabrik. Makanya kemudian gue tahu bahwa ini merupakan bahasa gaul dari sini. Artinya? Ya kita semua juga pasti uda sering dengar. Mungkin dengan bahasa yang berbeda. Misalnya ketika gue di Jakarta dibilangnya "Woles" Ya tinggal dibalik aja susunan hurufnya.

Minggu, 06 Januari 2013

"Tukang" Parkir

Menganalisis? Sebenarnya hanya merupakan catatan pribadiku saja, pemikiran pribadi, dan rasanya tidak tepat jika dibilang analisis. Tapi ya tetep saja pengen nulisnya seperti itu, biar kerenan dikit. :)
Lalu tema apa yang ingin disampaikan dengan analisis yang mendalam? Tidak lain tidak bukan adalah dinamika menjadi tukang parkir yang sepertinya banyak dipinggirkan dalam keseharian, terutama tukang parkir yang modal ngeliatin kaca mobil ama bawa priwitan :p

Rabu, 02 Januari 2013

Persiapan Presentasi

Persiapan presentasi, apa yang dipersiapkan? Salah satu yang paling penting adalah niat, bahwa aku memang ingin presentasi dengan sebaik mungkin yang bisa aku persiapkan. Dan yah rasanya dengan materi yang telah diberikan, serta materi yang dijadikan tanggung jawabku seharusnya tidak ada masalah untuk itu semua. Karena selain memang yang dibutuhkan untuk penelitian presentasi ini hanyalah melalui rekam history milling process dan analisis teori pendukung. Materi ini sebenarnya adalah salah satu materi yang menarik minatku, dan seharusnya bisa lebih banyak lagi untuk ku eksplore, terutama ketika presentasinya berjalan. Seperti sedikit bermain penjualan citra diri lah.