Minggu, 20 Januari 2013

Tips Menyelesaikan Konflik

Hari minggu ini, berhubung gak ke Jakarta, seharian di rumah (dari Pabrik) aja. Beres-beres berbagai debu dan kotoran yang mulai betah disini dan sambil dengerin radio. Sambil dengerin radio, penyiarnya menyampaikan tips bagi kita yang sedang berkonflik dengan teman sekantor. Tapi secara umum sepertinya tips ini juga bisa berlaku untuk berbagai hal. Tips sederhana sebenarnya yang semua dari kita sudah tahu, namun terkadang masih tidak mampu untuk melakukannya.
Ilustrasi

Berikut tipsnya, dikutip dari Radio Polaris 104.00 fm (untuk wilayah Cilegon, Serang dan sekitarnya)

1. Tanyakan penyebabnya
Tentunya tidak ada orang yang marah tanpa alasan. Dengarkan dengan baik apa yang menjadi unek-uneknya dan jangan membantah apa yang dia katakan meskipun kita merasa itu tidak seperti yang sebenarnya terjadi menurut pandangan kita.

2. Sampaikan keluhan kita
Setelah kita mendengarkan keluhannya, sekarang giliran kita yang menyampaikan apa keluhan kita kepada teman kita tersebut, cobalah untuk bijak dalam memilih kata, jangan sampai kata tersebut justru bisa menyakiti hatinya. Cobalah posisikan diri kita sebagai pihak yang lebih "waras" dalam hal ini, dan lebih dewasa.

3. Cari solusi bersama
Setelah saling menyampaikan unek-unek, cobalah berdiskusi bersama, apa langkah terbaik yang harusnya dipilih. Solusi ini haruslah win win solution jangan sampai ada pihak yang merasa dikalahkan dan dirugikan, jika tidak ada, cobalah temukan solusi yang pihak yang "terpaksa" mengalah pun tidak merasa terpaksa.

Demikian tipsnya, sederhana sebenarnya cara kita untuk menyelesaikan koflik, cukup jujur dan mau berbicara dengan pikiran tenang. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

@3palizar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar