Selasa, 05 Maret 2013

Perjalanan Menuju Kebebasan

Akhirnya, serial panjang ini selesai juga ditonton. Prison Break, sebuah serial yang sungguh sangat mengesalkan. Karna begitu kita menonton 1 episode, kita akan semakin penasaran untuk semakin mengetahui cerita selanjutnya. Begitupun denganku. Ketika awalnya mengcopy serial ini hanya season 1 di temanku. Aku pun tak pernah berpikir bahwa kemudian aku "diwajibkan" untuk menuntaskan seluruh episode di keempat season yang ada disini. sungguh sangat melelahkan.
Serial ini menceritakan bagaimana mahalnya sebuah kebebasan ketika hal tersebut telah direnggut dari kita. Bagaimana Michael berusaha membebaskan kakaknya, Lincoln yang difitnah telah membunuh Kakak seorang wakil presiden, yang kemudian harus dijatuhi hukuman mati. Michael yang kemudian menyelidiki bahwa kakaknya memang tidak bersalah, harus rela menjadikan dirinya sebagai seorang tahanan di penjara yang sama dengan kakaknya kemudian merancang upaya pelarian diri. Season 1 ditutup dengan keberhasilan mereka melarikan diri, dan berada di dalam pelarian.
Penasaran dengan season 2, aku pun langsung mencari link di internet dan mendownload season 2. Kurang lebih selama 1 bulan aku mendownloadnya, di sela-sela kesibukan. Season 2 menceritakan tentang kehidupan mereka di pelarian, serta upaya untuk mendapatkan harta karun yang ditinggalkan oleh rekan mereka yang dipenjara. Season ini ditutup dengan tertangkapnya Michael dan akan dijebloskan kembali ke penjara Sona. Sebuah penjara yang menjalankan hukum rimba, penjaga tidak terdapat di dalam penjara, melainkan dikuasai oleh orang pimpinan, yang mengatur kehidupan penjara. Tanpa aturan.
Season 3 menceritakan kehidupan di Penjara Sona, dimana kemudian Michael diberikan ancaran untuk membebaskan salah seorang tahanan, jika tidak maka Keponakan dan pacarnya, Sara akan dibunuh. Maka season 3 ini pun seakan mengulang season 1. Bagaimana dia merancang rencana untuk bisa kabur kembali.
Dan season terakhir, ketika mereka telah berhasil kabur, dan hidup untuk menghancurkan apa yang telah menhancurkan kehidupan mereka. Company, sebuah badan tak terdeteksi milik pemerintah yang menguasai pemerintah. Dan mereka memiliki rahasia yang disebut dengan Scyla.
Setelah season keempat, maka kisah ini ditutup dengan 2 episode terakhir yaitu Final Break. Sebuah kisah final, bagaimana Michael harus membebaskan Sara, yang kemudian menjadi istrinya dan tengah hamil. Karena kasus pembunuhan Ibu Michael yang berusaha membunuh Michael. Dan ketika berhasil, Michael harus membayar kebebasan itu dengan nyawanya.
Yah, begitulah akhir perjalanan Sang Jenius Michael. Dia membayar kebebasan Kakak dan teman-temannya  dan mengakhirinya dengan nyawanya sendiri. Meskipun keputusan dia untuk begitu juga bukan tenpa pertimbangan, karena memang menurut diagnosa dokter nyawanya pun juga tidak lama lagi karena sakit yang dideritanya. Akhirnya dia memilih menyelamatkan anak dan istrinya untuk hidup dalam kebebasan.
Jika selesai menyaksikan serial ini, harusnya kita menjadi orang yang lebih bijak lagi dalam memaknai kebebasan yang kita dapatkan saat ini. Karna tidak semua orang mendapatkannya, entah karena kesalahan mereka sendiri, ataupun karena direnggut paksa oleh konspirasi. Seperti yang mungkin banyak kita ketahui pula.

++
Tulisan ini aku buat, setelah mendapat kabar, bahwa salah seorang Mantan Aktivis Lembaga Dakwah Kampus UNJ, Alumni UNJ, tertangkap karena kedapatan memiliki sepaket ganja, meskipun itu bukan miliknya. Semoga Allah melindungi orang-orang yang bersabar di jalanNya, dan semoga kasus ini segera selesai dengan terkuaknya siapa yang benar, dan siapa yang benar-benar salah.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar