Halaman

Senin, 26 November 2012

Membaca Ide Einstein

Membaca buku ini, yang aku lupa dimana aku membelinya, entah di gramedia atau ketika ada pameran. Tahun kemarin. Yang pasti yang bisa ku ketahui adalah Einstein memiliki otak yang kompleks dan dia mampu untuk mengolahnya menjadi rinci-rinci yang tak gampang untuk ku cerna. Bagaimana dia menjelaskan teori-teorinya dengan mengambil contoh yang sama, berhubungan namun tetap saja sulit untuk ku cerna bagaimana menjelaskan dengan bahasa gampangku. Sehingga mau tak mau aku harus mengakui kejeniusan otaknya, atau justru ketumpulan otakku? Rasanya tak mau merendahkan diri sendiri, walau mungkin penjelasannya akan sama saja.
Namun selain dengan bahasa ilmiahnya yang tinggi, salah satu yang yang membuatku kesulitan untuk mencernanya adalah karena di buku terjemahan ini entah sengaja atau tidak, tidak menampilkan gambar, bahkan grafik atau kurva untuk memudahkan pemahamanpun juga sangat sedikit disini, meskipun dengan analogi yang sederhana, tapi bagi orang yang kurang memiliki kemampuan untuk memvisualisasi yang dibaca (sepertiku) akan menemui kesulitan olehnya.
Lebih dari itu, jadi penasaran bagaimana bentuk tulisan (buku) asli dari Einstein ini sendiri. Yang aku tahu versi aslinya disimpan di Israel dari berita yang pernah aku baca. Jadi menarik ingin mengetahui sejarah panjang dari Sang Jenius yang katanya pernah ditawari menjadi presiden Israel ini. Sang Jenius yang mengubah peta dunia pengetahuan dunia modern ini. Salut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar