Rabu, 10 April 2013

Lebih dekat dengan cahaya

Cahaya merupakan energi yang berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang antara 380-750 nm. Ekxt book banget. Tapi memang kali ini yang ingin dibahas mengenai cahaya. Terutama cahaya di bidang fotografi. Nah, dalam fotografi ada  beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai cahaya. You have to know it
1. Intensitas

Cahaya yang sangat kuat akan menimbulkan bayangan yang jelas (harsh), sedangkan cahaya yang lemah akan menimbulkan bayangan yang lembut (soft). Pada pemotretan di luar ruang, cahaya alami (matahari) akan tersedia sejak terbit matahari hingga senja.

2. Arah datang cahaya

Ini akan sangat berpengaruh pada materi dan komposisi hilight and shadow pada objek. Arah datang cahaya secara jelas akan mempengaruhi arah dan ukuran bayangan. Pada pemotretan model, arah datangnya juga mempengaruhi ekspresi model.

3. Spektrum

Cahaya matahari yang berwarna putih kekuningan sebetulnya merupakan gabungan dari banyak  spektrum warna. Beberapa diantaranya bisa dilihat sebagai jajaran warna pelangi, tetapi sebetulnya spektrum cahaya matahari lebih luas dari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar