Selasa, 23 April 2013

Konsep Olah Digital

Olah digital berkaitan erat dengan dunia fotografi. Oldig membantu fotografer dalam memperbaiki gambar-gambar digital, meskipun juga ada fotografer yang menentang dalam penggunaannya karna foto yang dihasilkan menjadi tidak asli. Berikut ini akan disampaikan secara singkat mengenai beberapa olah digital yang umum terdapat dalam fotografi, khususnya mengenai konsep digital imaging. Mengenai penggunaan berbagai konsep ini, pada umumnya masing-masing fotografer maupun editor memiliki kekhasan masing-masing dalam menentukan bagian-bagaian dan konsep apa saja yang akan digunakannya. Selamat bereksplorasi.
1. Konsep Croping
Pada konsep ini, membesarkan, mengecilkan, memotong, membuang, dapat dilakukan dengan mudah sehingga komposisi foto yang diinginkan bisa dicapai dengan mudah.

2. Konsep Resolusi
Resolusi adalah kepadatan foto, yaitu hal yang menentukan besar kecilnya foto untuk keperluan pembesaran. Perbesaran cetak dapat dilakukan sebatas resolusi foto masih memungkinkan untuk menjaga kualitas terbaik dari foto tersebut.

3. Konsep Warna
Warna pada fotografi adalah warna cahaya, dan mode warna yang dipakai adalah RGB. Warna pada photoshp atau perangkat lunak lainnya dapat diedit dengan berbagai macam cara dan karakter, seperti Saturation, Curve, Channel, dan lain sebagainya.

4. Konsep Gelap Terang
Menambah gelap terang pada foto dapat diedit. Photoshop mempunyai banyak konsep seperti Brightness-Contrast, Shadow-Highlight, Level dan sebagainya. Untuk bekerja pada foto hitam putih dapat menggunakan metode Grayscale, Desaturate, Gradient Map, dan sebagainya.

5. Konsep Filter
Menu filter pada photoshop sudah sangat komplit dengan bermacam-macam efek yang dihasilkan.

6. Konsep Layer
Layer yang dimaksud adalah gambar yang disusun layaknya kolase, yaitu seperti lapisan mana yang paling depan sampai yang paling belakang.

7. Konsep Masking
Masking merupakan teknik yang umum digunakan dalam teknik pengolahan foto, masking diambil dari kata mask yang berarti topeng. Dengan konep masking ini, foto asli akan tetap aman bila terjadi kesalahan editing.

8. Konsep Output Data
Format file foto lebih sering menggunakan JPEG atau JPG dan TIFF. Format yang paling umum digunakan adalah JPEG. Format TIFF dianjurkan untuk hasil editing dari RAW (data mentah dari kamera) karena format TIFF tidak menyederhanakan data. Format JPEG adalah format kompresi sehingga file menjadi lebih kecil dan lebih efisien, tetapi karena kompresi tersebut kualitas foto menjadi tidak sebagus aslinya atau format TIFF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar