Jumat, 29 Maret 2013

Tips: Membuat Foto Makro Menggunakan Kamera Prosumer (Reshare)

Iseng-iseng menjelajah ke situs FN, eh nemu link untuk tips ini, kebetulan juga sekarang lagi megang prosumer, siapa tahu bisa dicoba nanti kalo lagi mood hunting foto lagi. Tips sederhana menggunakan kamera jenis prosumer untuk membuat foto makro kupu-kupu, dan untuk pengguna DSLR, siapa tahu juga tips ini bisa berguna. Namun untuk tips ini, dibuat lebih umum, mungkin juga bisa digunakan untuk belajar
1. Jangan menggunakan menu makro/super makro bawaan kamera
Gunakan saja menu normal yang ada di kamera, karena apabila menggunakan menu makro (yang ada gambar bunga tulip) kamera harus didekatkan kepada objek, jadi apabila objeknya kupu-kupu yang ada malah kabur dah.

2. Gunakan manual fokus
Auto fokus merupakan menu untuk jarak dekat terhadap objek, sehingga fokus sering tidak pas jatuh kepada objek yang ingin kita tuju. Sedangkan dengan manual fokus, kita bisa menentukan daerah mana yang ingin kita buat fokus dan daerah mana yang ingin diblur.

3. Focal Length/Zoom dibuat sampai titik tertinggi kamera
Apabila sudah mencapai titik zoom maksimal, maka kita dekati obejk sasaran bidik kita dengan perlahan, kemudian ambil jarak sekitar 1.5 s/d 2 meter lalu kita putar manual fokus ke jarak yang paling dekat. Bila jarak terdekat sudah dicapai, namun  masih terasa agak kabur gambarnya di jendela bidik maka kita perlu memaju mundurkan kamera beberapa cm sampai terlihat gambar yang paling jelas.

4. Jarak antara objek dengan background minimal 3 meter
Kalaupun jarak tersebut tidak tercapai, usahakan jangan sampai background tidak terlalu dekat sehingga mengganggu fokus  dan mengganggu keindahan objeknya.

5. Practices makes perfect
Intinya ya jangan berhenti mencoba.


Terima kasih untuk mas Kuswarjono untuk tipsnya.
Mari belajar fotografi

1 komentar:

  1. wah..manfap gan ..makasih share nya

    http://www.AdeSurya.com

    BalasHapus